Keanekaragaman hayati yang tingg​​i dan ​sumber daya alam yang melimpah merupakan penopang hidup bagi 250 juta masyarakat di Indonesia. Namun, saat ini Indonesia menghadapi tantangan dalam melindunginy​a.​

 

Tantangan

Deforestasi

Indonesia terus berupaya menurunkan laju deforestasi dan degradasi lahan gambut dan mangrove, sebagai komitmen di tingkat nasional dan kepada masyarakat internasional untuk mengurangi dampak perubahan iklim bagi kehidupan manusia.

Eksploitasi laut

Pengelolaan sumberdaya laut dan pesisir serta ekosistem terumbu karang yang berkelanjutan harus didukung secara luas, guna menunjang pendapatan dari sektor pariwisata dan produksi perikanan bagi 60 juta masyarakat di area pesisir.

Perubahan iklim

Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk mengurangi emisi gas-gas rumah kaca. Usaha ini harus terus didukung dan dibantu agar dampak perubahan iklim tidak mengganggu kehidupan masyarakat Indonesia.

Memperkuat Tata Kelola

Pengelolaan sumberdaya alam yang terencana, berjangka panjang dan berkelanjutan merupakan kunci untuk mendukung peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia melalui pemanfaatan yang berkelanjutan.

Yang kami lakukan

© CI/Tory Read

Integrasi Pengelolaan Bentang Darat dan Laut

Sejatinya, pengelolaan ekosistem darat dan laut merupakan satu kesatuan karena apa yang dilakukan di darat akan berdampak di laut. Pengelolaan dengan pendekatan 'hulu-hilir' memastikan semua program dan kebijakan tidak bertentangan satu sama lain. Kami menerapkan pendekatan tersebut di lokasi-lokasi yang memiliki masalah degradasi ekosistem baik di darat dan laut.

Lihat Lokasi

 

Mark Erdmann swims with a tagged whale shark in Bird's Head seascape.
© Shawn Heinrichs

Inisiatif Strategis

Untuk memperbesar dampak konservasi, kami mendorong berbagai inisiatif di skala nasional dan internasional.

Lihat Inisiatif