Mark Erdmann swims with a tagged whale shark in Bird's Head seascape.

Jaga Hiu Paus Kita

Populasinya terus berkurang padahal belum banyak yang kita ketahui. Tapi kita bisa melakukan sesuatu.

© Shawn Heinrichs

 

Kenali Mereka Lebih Jauh

1 Daya Tarik Pariwisata

Berpotensi menjadi tempat pariwisata berbasis hiu paus seperti yang sudah dilakukan di Maladewa dan memberikan pemasukan tahunan sebesar 130 miliar rupiah.

2 Terbesar

Hiu paus (Rhincodon typus) merupakan ikan terbesar di dunia dengan panjang mencapai 12,65 meter dan berat 21,5 ton.

3 Filter Feeder

Hiu paus makan dengan cara menghisap dan menyaring makanannya dari laut. Makanan utamanya adalah ikan dan udang kecil, telur ikan, serta hewan-hewan planktonik lainnya.

4 Terancam Punah

Status hiu paus meningkat menjadi terancam punah (endangered) sejak tahun 2016 berdasarkan Daftar Merah IUCN, dari sebelumnya berstatus rentan (vulnerable) karena penurunan populasi secara global.

5 Dilindungi

Pemerintah Indonesia melalui KEPMEN-KP No. 18 Tahun 2013 menetapkan hiu paus sebagai spesies yang dilindungi karena populasinya yang rendah dan masih sering diburu.

6 Tersebar

Dapat dijumpai di seluruh perairan Indonesia dengan tingkat kemunculan (agregasi) umumnya berupa musiman, kecuali di beberapa lokasi dapat dijumpai sepanjang tahun.

Penelitian Terus Dilakukan

Sejak tahun 2015, kami memelopori sebuah metode pemasangan tag (penandaan) dengan satelit finmount pada hiu paus. Metode ini memungkinkan kami untuk dapat memasangkan tag satelit finmount yang dibuat secara khusus agar dapat mengirimkan lokasi hiu paus selama dua tahun ke depan. Dengan informasi yang di dapatkan, kami bekerja bersama Pemerintah Indonesia untuk melindungi hiu paus dan mengelola pariwisata hiu paus yang bertanggung jawab. ​

 

Progres Hingga Sekarang

Mark Erdmann swims with a tagged whale shark.
© Shawn Heinrichs

48 Tag Satelit

Bersama dengan berbagai mitra, kami telah berhasil memasangkan 48 tag pada hiu paus yang berada di Papua Barat dan Sumbawa. Sebagian besar jenis kelaminnya adalah jantan dan baru dua yang betina.

Whale sharks
© Gerry Allen

Pola Pergerakan Unik

Temuan kami dari data pemasangan tag menunjukkan bahwa pola pergerakan antar individu hiu paus dapat sangat berbeda. Dari wilayah Teluk Cenderawasih, misalnya, terdapat tiga pola pergerakan: kelompok ”rumahan” yang bertahan di wilayah lokasi pemasangan tag, kelompok ”pesisir” yang keluar dari lokasi dan bergerak menyusuri pesisir, dan kelompok ”internasional” yang keluar dari lokasi dan menuju perairan lepas.

Penamaan

Kami memberikan nama untuk hiu paus yang ditandai supaya memudahkan dalam membedakan pola pergerakan setiap individu. Untuk pertama kalinya, kami menamai hiu paus dari tokoh di Indonesia dengan nama “Susi”, yang diambil dari nama Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti.

 

Dengan Keunikan Dan Karisma Spesies Ini, Sudah Sepatutnya #Kitabanggapunyahiupaus

 

Kamu Bisa Ikut Membantu Dengan​​

1 Laporkan

Perburuan dan perdagangan hiu paus menjadi ancaman utama keberadaan spesies ini. Mari laporkan tindakan perburuan liar dan sindikat perdagangan produk hiu paus yang kamu temui kepada pihak yang berwajib.

2 Stop Konsumsi

Berhenti konsumsi produk-produk dari satwa dilindungi seperti sirip hiu. Mengonsumsi sirip hiu membahayakan kesehatan karena kandungan merkurinya yang tinggi. Apabila permintaan pasar berhenti maka penangkapan pun akan berhenti.

3 Wisatawan yang Baik

Tanyakan kode etik interaksi dimanapun kamu berada untuk menjaga keamanan dirimu. Hormati dan patuhi peraturan tersebut!

4 Stop Sampah Plastik

Beberapa hiu paus dan ikan mati karena mengonsumsi plastik yang dianggapnya sebagai makanan. Hal ini dikarenakan sampah yang kita buang di sungai akan berakhir ke laut. Ayo, berhenti gunakan plastik dan buanglah sampah pada tempatnya.