Keanekaragaman hayati yang tingg​​i dan ​sumber daya alam yang melimpah merupakan penopang hidup bagi 250 juta masyarakat di Indonesia. Namun, saat ini Indonesia menghadapi tantangan dalam melindunginy​a.​

 

Tantangan

Deforestasi

Laju deforestasi dan degradasi lahan gambut dan mangrove di Indonesia merupakan kedua tertinggi di dunia.

Eksploitasi laut

Akibat praktek pengelolaan yang tidak terkendali menyebabkan 95% terumbu karang terancam serta menurunnya pendapatan pariwisata dan produksi perikanan bagi 60 juta masyarakat di area pesisir.

Perubahan iklim

Indonesia merupakan penyumbang CO2 terbesar ketiga di dunia. Hal ini mengakibatkan suhu menghangat dan naiknya permukaan laut yang dapat mengganggu kelangsungan hidup manusia.

Tata kelola yang lemah

Hilangnya sebagian besar sumber daya alam didorong oleh pemenuhan kebutuhan hidup secara cepat dan mengejar tujuan jangka pendek tanpa adanya perencanaan pembangunan jangka panjang.

Yang kami lakukan

Integrasi Pengelolaan Bentang Darat dan Laut

Sejatinya, pengelolaan ekosistem darat dan laut merupakan satu kesatuan karena apa yang dilakukan di darat akan berdampak di laut. Pengelolaan dengan pendekatan 'hulu-hilir' memastikan semua program dan kebijakan tidak bertentangan satu sama lain. Kami menerapkan pendekatan tersebut di lokasi-lokasi yang memiliki masalah degradasi ekosistem baik di darat dan laut.

Inisiatif Strategis

Untuk memperbesar dampak konservasi, kami mendorong berbagai inisiatif di skala nasional dan internasional.