Berita SLP Indonesia
 
 
Tropika Indonesia

Buletin perdana Sustainable Landscapes Partnership (SLP) ini kami hadirkan sebagai sebuah media komunikasi yang mendukung program dan kegiatan SLP. Buletin SLP ini berisi informasi mengenai program-program dan aktivitas yangsedang dilaksanakan, serta artikel seputar isu-isu terkait dengan pembangunan berkelanjutan di Indonesia secara luas. Hal-hal yang termasuk di dalamnya antara lain namun tidak terbatas pada: kehutanan, tambang, agribisnis, isu kebijakan, rencana tata ruang, dan hubungan dengan pengelolaan sumber daya alam dan penggabungan pertimbangan-pertimbangan lingkungan...

Iman Santoso
Ketua Management Council (MC)
Sustainable Landscapes Partnership

Merupakan kehormatan bagi saya untuk menulis pengantar pertama untuk buletin dua bulanan program Sustainable Landscapes Partnership (SLP). Saya harap berita dan informasi yang ada dalam buletin ini dapat memberikan manfaat serta menarik bagi pembaca.
Fokus utama Conservation International (CI) secara luas, maupun program SLP adalah mewujudkan Masyarakat Madani Sejahtera yang didukung oleh konservasi cadangan modal alam, dan tata kelola yang efektif serta sistem produksi yang berkelanjutan...

Simon Badcock
Chief-of-Party
Sustainable Landscapes Partnership



Sekilas Program Sustainable Landscapes Partnership (SLP)

Indonesia terpilih sebagai lokasi percontohan untuk SLP karena hutannya berada pada titik kritis dalam proses pembangunan.
Program Sustainable Landscapes Partnership (SLP) merupakan sebuah inisiatif multi-pemangku kepentingan yang dilakukan oleh Conservation International (CI) untuk mengkombinasikan dana public dan sektor swasta demi peningkatan investasi di bentang alam tertentu, dimulai di Indonesia. SLP bertujuan untuk mendukung investasi dalam aktivitas-aktivitas pembangunan rendah karbon dan model-model bisnis yang membantu mengurangi deforestasi selain tetap mendorong pertumbuhan ekonomi, membuktikan bahwa pembangunan tidak harus merusak lingkungan.

Pendanaan SLP didukung oleh USAID dan Walton Family Foundation. Sebagai panduan atas investasi pendanaan ini, CI menyiapkan Sustainable Investment Action Plan (SIAP) yang membantu menyiapkan konsep untuk pembangunan bisnis hijau dan konservasi hutan. Di dalam SIAP juga tercantum ikhtisar ekologi, sosioekonomi, kondisi pasar, serta uraian peluang-peluang yang ada untuk pembangunan dan bisnis hijau di lokasi lokasi kerja SLP. Dengan kata lain, SIAP merupakan sebuah rencana bisnis berbasis ekosistem, alat pendukung pengambilan keputusan, dan paket komunikasi yang dapat menarik investor dan membangun kepercayaan diri investor.... (More​..)