Owa Jawa Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
(Javan Gibbon in Gunung Gede National Park)
Anton Ario, Jatna Supriatna dan Noviar Andayani​
In Bahasa Indonesia (with English Abstracts). 238 Halaman. 2011.

Penerbit: CI Indonesia & Yayasan Owa Jawa

Owa jawa (Hylobates moloch) merupakan satu-satunya jenis kera kecil (lesser apes) yang terdapat di pulau Jawa. Penyebaran primata tersebut terbatas pada hutan tropis yang relatif tidak terganggu di hutan-hutan Jawa Barat dan beberapa hutan di Jawa Tengah.

Karena desakan penyusutan habitat dan ancaman keberadaan manusia, kini kera kecil ini, semakin hari  semakin sedikit jumlah populasinya.  Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa estimasi populasi owa jawa yang masih tersisa di hutan Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Hasil perkiraan paling akhir (2004) menyebutkan populasi owa jawa  hanyalah berkisar antara 2.600-5.304. Sekelompok populasi tersebut kini berada di habitatnya di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Buku ini, penting dibaca sebagai rujukan tentang pengetahuan terakhir eksistensi, habitat, perilaku dan upaya rehabilitasi yang dilakukan di Indonesia guna menyelamatkan spesies ini dari kepunahan. Sebab, kajian dilakukan bukan saja di habitat aslinya, namun juga banyak pelajaran yang bisa diambil dari hasil pengamatan di Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Owa jawa  (Javan Gibbon Center-JGC), yang  didirikan oleh Departemen Kehutanan RI bekerjasama dengan Yayasan Owa Jawa, Universitas Indonesia, Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Conservation International Indonesia, sejak tahun 2002.

UNDUH: Owa Jawa Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (PDF - 4 MB)