Laporan Tahunan 2008 Program Raja Ampat
Komitmen melanjutkan nilai-nilai leluhur
Conservation International Indonesia

 
Jakarta : CI Indonesia Raja Ampat Program, [2009]
63 p


Dalam laporan ini kita bisa melihat program Ci di Raja Ampat cukup menyeluruh dan fokus pada tujuan-tujuan yangs udah ditetapkan sebelumnya terutama di kawasan Bentang Laut Kepala Burung tanah Papua. Bagaimana masyrakat Papua bisa hidup harmonis dengan alam, dimana sumberdaya alam yang begitu kaya dan keanekaragaman hayati laut tertinggi di dunia dapat dikelola dan dilestarikan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Dalam 3 tahun CI membangun program di Raja Ampat, ada 3 pilar pekerjaan untuk mencapai visi agar masayarakat Raja Ampat dapat hidup harmonis dengan alam.

Pertama adalah menambah ilmu pengetahuan mengenai sumberdaya alam dan keanekaragaman hayati di Kepala Burung, serta proses ekologi yang mempengaruhi SDA ini, supaya sistem pengelolaan bisa direncankan sesuai dengan keunikan Raja Ampat dan Kepala Burung.

Kedua adalah menciptakan situasi kondusif dimana kesadaran masyarakat Raja Ampat terhadap SDA yang dimiliki dan ancamannya meningkat sehingga dukungan untuk program pelestarian SDA menjadi kokoh.

Dan pilar ketiga adalah pendekatan konservasi dan pemanfataan SDA laut yang berkelanjutan melalui pembangunan kawasan konservasi laut daerah (KKLD). Pendekatan KKLD dipilih karena pengalaman dari seluruh dunia.