The Raja Ampat, Through the Lens of
 
Burt Jones, Claudia Pellarini-Joubert, David Doubliet, Denise Nielsen Tackett, Dos Winkel, Gerry Allen, Jennifer Hayyes, Larry Tackett, Leon Joubert, Mark Strickland, Maurine Shimlock, Paul Munzinger, Roger Steene, Stephen Wong, Takako Uno, Tim Laman, Thomas Haider

Arlington, Virginia : Conservation International, 2009
288 halaman

 

Raja Ampat adalah pecahan Kabupaten Sorong, sejak 2003. Kabupaten berpenduduk kurang lebih 31.000 jiwa ini memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni) dengan luas wilayah sekitar 46.000 km2, namun hanya 6.000 km2 berupa daratan, 40.000 km2 lagi lautan. Pulau-pulau yang belum terjamah dan lautnya yang masih asri tak ayal membuat banyak wisatawan langsung terpikat. Mereka seakan ingin menjelajahi seluruh perairan di “Kepala Burung” Pulau Papua.

Buku ini berisikan rangkaian pengalaman para penulis ketika melakukan penelitian di Raja Ampat, Papua. Dan juga memberikan penjelasan kepada kita mengenai berbagai macam hal tentang Raja Ampat, mulai dari letak geografis, kondisi alam,  sejarah, hingga keadaan masyarakatnya.

Selain berisikan opini-opini mengenai Raja Ampat, buku yang ditulis dalam bahasa Inggris ini juga menyuguhkan foto-foto keindahan bawah laut dan kegiatan sehari-hari penduduk Raja Ampat yang telah diabadikan oleh para penulis. Di samping itu, buku ini bertujuan untuk mempromosikan Raja Ampat agar lebih dikenal dunia.

ISBN 978-90-814853-1-9

Screenshoot isi buku