Daerah Prioritas Konservasi di Sumatera : kawasan kunci keanekaragaman hayati
Priority sites for conservation in Sumatra : key biodiversity areas
CI Indonesia, Deparetemen Kehutanan RI, LIP, Universitas Andalas, Universitas Syiah Kuala, World Conservation Society


Jakarta : CI Indonesia, 2007
16 p.: lampiran peta


Untuk melesatrikan keanekaragaman hayati secara efektif dan menyeluruh, maka kerja konservasi harus fokus pada komponen kunci: spesies-spesies individu yang memerlukan pelestarian, dan juga apda daerah dan bentang alam spesifik yang sangat penting bagi beradaan mereka. Dengan menggunakan proses yang didasarkan pada data yang akurat, maka identifikasi target konservasi ini menjadi efisien. Target-target ini juga memeberikan dasar tolok ukur kesuksesan konservasi biodiversitas.

Pulau Sumatera adalah bagian penting hostspot keanekaragaman hayati paparan Sunda. Datu dari 34 wilayah di sunia yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati dan endemistis yang luar biasa, namun dengan tingkat keterancaman yang sangat tinggi.

Di pulau Sumatera terdapat 248 spesies yang tercatat memiliki status terancam secara global pada tahun 2004 berdasarkan Daftar Merah (Red List) spesies terancam yang dikeluarkan IUCN. Kerusakan hutan menrupakan ancaman utama terhadap keragaman hayati pulau ini. Antara tanun 1990-2000 laju kerusakan hutan Sumatera tercatat 25% (setara dengan 1,5 juta hektar). Kehilangan hutan diakibatkan adanya penebangan komersial dan liar, seperti misalnya konversi lahan untik perkebunan kelapa sawit atau tujuan pertanian lainnya.

Pendekatan KBA menghasilkan kerangka kerja yang sesuai untuk menunjukkan dengan tepat traget konservasi dan prioritas kawasan di Sumatera. Kawasan KBA merupakan kawasan untuk konservasi keanekaragaman hayati yang signifikan secara global, yang diidentifikasi menggunakan kriteria yang transparan dan memakai standar global. Konsep KBA berkembang sampai ke seluruh golongan taksonomi.


ISBN 978-1-934151-11-2

Publikasi Kawasan Kunci Keanekaragaman Hayati ini dapat Anda secara gratis dengan mengganti ongkos kirim (untuk daerah yang jauh) dan mengambil sendiri di kantor Conservation International-Indonesia.
Jl Pejaten Barat No 16 A, Kemang
Jakarta Selatan.
atau membuat permohonan melalui  e-mail: ci-indonesia@conservation.or.id