Kolaborasi Pengelolaan Taman Nasional Batang Gadis
Naskah kebijakan bersama Tim Inisiator kolaborasi pengelolaan Taman Nasional Batang Gadis
Erwin A. Perbatakusuma ... [et al]


Jakarta : CI Indonesia, 2006
127 p

Sehubungan dengan keterbatasan pemerintah, kebanyakan kawasan konservasi di Indonesia belum dikelola secara efektif. TNBG termasuk diantara salah satunya. Manajemen TNBG belum dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk meningkatkan kehidupan masyarakat lokal. Beberapa langkah telah diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut, mulai dari pengembangan sistem manajemen kolaboratif bagi taman nasional tersebut. Sistem ini diharapkan akan menghasilkan sistem manajemen taman nasional yang lebih efektif, efisien, optimal. terkoordinasi dan lestari.

Satu kelompok inistiator (Dinas Kehutanan Propisni Sumatera Utara, Dinas Kebutanan Kabupaten Mandailing Natal, BKSDA Sumatera Utara II, CI Indonesia, Yayasan Batang Gadis, Kosnsorsium BITRA) telah melaksanakan suatu studi mengenai kelayakan teknis untuk mengimplementasikan manajemen kolaboratif. Hasil studi tersebut menunjukkan perlunya strategi alternatif untuk mengelola TNBG, pentingnya manajemen kolaboratif secara strategis bagi semua pihak yang terkait, serta beberapa kesimpulan lainnya.

Dokumen naskah akademik.kebijakan ini dihasilkan berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber relevan yang meliputi kajian literatur, diskusi fokus dengan para pihak dan pengumpulan data primer disiplin ilmu di lapangan selama tahun 2003-2005.

ISBN 979-25-6295-8