Nakhoda Leadership dalam Organisasi Konservasi
 
Wiratno

Jakarta : CI Indonesia, 2005
xvi, 108 halaman

Persoalan lingkungan dan konservasi alam di Indonesia, skalanya semakin besar dan kompleks sejak tiga puluh tahun terakhir. Organisasi pemerintah yang mendapatkan mandat dan tanggungjawab mengelola isu-isu lingkungan dan konservasi alam juga melakukan berbagai pembenahan dan perkembangan.

Namun demikian, patut dicatata bahwa disamping organisasi, persoalan budaya organisasi dan sumberdaya manusia sebagai penggerak utama organisasi juga harus mendapatkan prosi tambahan, perencanaan, dan investasi yang memadai.

Persoalan kunci dalam pengembangan organisasi dan sumberdaya manusia bukan sekedar persoalan kuantitas, tetapi juga kualitas dan arah organisasi. Buku ini berisi upaya untuk mengurai berbagai aspek dari organisasi, sumbedaya manusia, serta kemapuan leaderhsip yang seharusnya dibangun ke depan.

Buku ini juga menganalisis, membedah, dan mengurai dari berbagai aspek persoalan organisasi yang menjadi barrier bagi suksesnya upaya konservasi selama ini. Meski tipis, buku ini menjadi jawaban bagi para organisatoris konservasi untuk keluar dari hujan kritik pengeloalaan konservasi di Indonesia.

ISBN 979-96837-7-7

Unduh Nakhoda Leadership dalam Organisasi Konservasi (688kb)