Menanam Sebelum Kiamat
Islam, ekologi, dan gerakan lingkungan hidup
Fachruddin M. Mangunjaya, Husain Heriyanto, Reza Gholami (editors)

Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2007
xxxii, 310 halaman


Persoalan lingkungan, merupakan masalah global yang memerlukan perhatian semua pihak. Oleh karena itu, isu dan problema lingkungan tidak mungkin teratasi tanpa adanya pendekatan strategis bervisi global-holistik di tingkat pengambil kebijakan dan tersedianya solusi-solusi lokal pada tataran pelaksanaan praktis. Pencerahan pandangan yang ‘membaca’ isu-isu praktis lingkungan akan menjadi jembatan andai saja kita sanggup memberikan penjabaran-penjabaran yang luas tentang posisi diri dan fungsi diri manusia yang berkehendak untuk mengambil sikap dan perlakuan terhadap alam dan lingkungannnya.

Islam adalah agama satu milyar lebih manusia di bumi, atau lebih dari seper enam penduduk dunia sekarang ini dan tetap dipeluk dan diamalkan ajarannya oleh hampir di setiap negara yang mempunyai penduduk muslim. Dunia Islam, yang juga ditimpa oleh persoalan-permasalahan lingkungan di tengah kompetisi globalisasi dunia dan pembangunan ekonomi setelah lama terjajah oleh kolonialisme Barat, mencoba mulai bangkit dan menemukan kembali identitas mereka. Dunia Islam diharapkan dapat memberikan kontribusi, membangun dunia dan peradaban kemanusiaan termasuk menggali kembali khasanah landasan etika dan praktis ajaran Islam dalam menghadapi problematika lingkungan yang mengancam bumi kita ini.

Buku ini menjadi pertanda bahwa Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia turut pedulu terhadap persoalan lingkungan. Banyak masyarakat yang berempati mendalam terhadap alam aslinya dan inilah waktunya untuk kembali mengingatkan masyarakat bahwa pelestarian lingkungan dapat diaplikasikan dengan sangat baik melalui tradisi-tradisi Islam yang mereka miliki.

ISBN 978-979-461-645-1

Untuk mendapatkan buku ini hubungi juga
Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Jl. Plaju No. 10,
Jakarta 10230
Indonesia
Tel. 62-21-3920114, 62-21-31926978
Fax. 62-21-31924488
SMS: 0888.390.284
Email: yayasan_obor@cbn.net.id
Bagian Pemasaran : Budi R.