Kajian Singkat RACE
 

Kajian Singkat Konservasi dan Ekonomi (RACE) : Suatu Usaha untuk Memadukan Kepentingan Konservasi dan Pembangunan Ekonomi di Tanah Papua - Laporan Akhir

Penyusun : Dessy Anggraeni dan Yoseph Watopa

Jakarta : CI Indonesia, 2004
51 halaman

ISBN 979-99273-1-5

Rapid Assassement of Conservation Economy (RACE) di Papua berupaya menggerakkan berbagai pihak yang terlibat dalam penyusunan kebijakan ekonomi untuk Papua guna menentukan pilihan konservasi yang tepat bagi tanah Papua. Sedikitnya 100 orang di Papua terdiri dari Pemerintah Daerah, DPRD, LSM lokal, universitas setempat, sektor swasta, perwakilan masyarakat dan lainnya ikut berperan serta dalam merumuskan kebijakan ini.

Kegiatan ini menghasilkan beberapa makalah mengenai ekonomi dan kebijakan di Papua, yaitu analisis kebijakan dalam pembangunan tambang minyak dan gas, analisis insentif ekonomi dari kegiatan penebangan, analisis kebijakan di sektor kehutanan, analisis anggaran dan belanja daerah, proses pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan, penilaian kapasitas kelembagaan dan sistem mata pencaharian masyarakat. Dari hasil kegiatan dilaporkan ada beberapa langkah dan rekomendasi yang perlu tindak lanjut guna menjadikan tanah Papua yang lestari dan berkelanjutan. Semuanya tertuang dalam laporan ini.

Unduh : Kajian Singkat RACE (1.015kb)