Alam Berbicara dan Mengajak Kita Untuk Menyebar Pesannya

11/11/2015

​​Conservation International Indonesia (CI-I) mengadakan "Pemutaran Film Alam Berbicara dan Diskusi dalam rangka peluncuran kampanye untuk alam"​

Jakarta, 11 November 2015 - “Saya bangga dapat ambil bagian dalam kampanye ini dan saya ucapkan terima kasih kepada CI-I telah mengingatkan saya mengenai pentingnya melindungi dan melestarikan alam kita," kesaksian Christine Hakim saat peuncuran film-film “Alam Berbicara” (Nature Is Speaking) 4 November 2015 di Balai Kartini Jakarta.​

Bertujuan untuk menginspirasi masyarakat umum agar dapat memberikan solusi-solusi bagi berbagai tantangan masalah lingkungan hidup yang paling medesak di masa kini, Conservation International Indonesia mengadakan pemutaran dan diskusi film "Alam Berbicara" di pusat kebudayaan Amerika @america sore ini. Penyanyi dan aktor Rayi Putra "RAN" dan Dayu Hatmanti, Miss Scuba International 2011, yang mempunyai pengalaman luar biasa mengenai keberadaan media sosial, akan berpartisipasi dalam acara. Mereka akan menjadi pembicara dan akan berdiskusi mengenai isu lingkungan hidup. ​

Pada saat dialog Rayi RAN mengatakan, "Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kita sebagai manusia cenderung melupakan keberadaan alam, padahal manusia tidak bisa hidup tanpa alam. Alam bukan hal yang harus kita taklukan atau kita takuti, justru alam merupakan teman manusia untuk mencapai kehidupan lebih baik. Adanya kampanye #AlamBerbicara mengingatkan kita, terutama generasi muda, pada kodrat manusia tersebut."

Kampanye sosial "Alam Berbicara" bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan mengajak lebih banyak orang untuk menyampaikan pesan-pesan alam. Alam Berbicara adalah jangkauan nasional dari kampanye internasionalnya Conservation International, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya alam bagi kehidupan manusia, dan secara spesifik ditujukan untuk menggalang dukungan bagi konservasi dan  pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Prof. Emil Salim pada peluncuran film 'Alam Berbicara' pada 4 November 2015 lalu mengatakan bahwa sumber daya alam adalah energi yang menggerakkan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat serta mengentaskan kemiskinan. "Dalam mengelola sumber daya alam, kita harus sadar bahwa kehidupan kita hanyalah pada lapisan tipis yang mengelilingi planet ini. Semua kehidupan alam dan manusia berada dalam ekosistem. Semakin beragam ekosistemnya, maka akan semakin kaya pula pembangunan berkelanjutan untuk hidup kita."

Hari ini, CI-I mengajak masyarakat Indonesia menjadi "kanca alam" (teman alam) untuk menyerukan pada rakyat Indonesia agar menjaga kelestarian alam dengan memproklamirkan bahwa alam tidak perlu manusia tapi sebaliknya, manusia perlu alam.

Wakil Presiden CI-I, Ketut Sarjana Putra mengatakan, "Indonesia perlu mengadopsi jalur-jalur pembangunan berkelanjutan yang inovatif yang menghargai dan melindungi alam. Namun, perubahan seperti ini perlu waktu. Pertama, kita harus meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu lingkungan di Indonesia dan dampaknya terhadap perubahan iklim global. Kami harap hal itu dapat tercapai melalui "Alam Berbicara"".

​Kontak Media

​Regina Nikijuluw

Communications Manager

Sustainable Landscapes Partnership

Conservation International Indonesia

Telp. 6221 7883 8626

​​​​​Images Slideshow Carousel (half page)

Carousel Configuration​

EditCarousel Title:
Edit Carousel Orientation:leftLeft
    EditAnchor tag for sticky nav (optional):[Optional]
    EditImage RenditionID Small:15[Optional]
    EditImage RenditionID Webkit:17[Optional]
    EditImage RenditionID Medium:18[Optional]
    EditImage RenditionID Large:19[Optional]

    Carousel Images

    Image

    EditImage:/global/indonesia/publikasi/PublishingImages/DSC_1872.JPG
    EditImage Alt Text:
    EditCaption Title:
    EditCaption Description:Dayu Hatmanti (tengah) dan Rayi 'RAN' (kanan) berbagi pengalamannya seputar menjaga lingkungan.
    EditPhoto Credit:© Conservation International/photo by Sulfaiza Rochman
    Move UpMove Down​​
    Add another image...
    Remove this module
    ​​​

    Request an Interview

    ,

    ,

    Related Content

    Other Media