Pangan
Pemanfaatan Lahan
© Mitsuhiko Imamori/Minden Pictures
© Mitsuhiko Imamori/Minden Pictures
Pemanfaatan Lahan Berkelanjutan

"Kita tidak mewarisi tanah dari nenek moyang kita; kita meminjamnya dari anak-anak kita". Ini merupakan pepatah penduduk asli Amerika yang mencerminkan utang kita kepada generasi mendatang sebuah jaminan bahwa bumi memenuhi kebutuhan mereka seperti  yang ia sediakan secara berlimpah bagi kita. Hal ini mengharuskan kita untuk membuat keputusan yang bertanggung jawab dan inovatif dalam penggunaan lahan dan cara memanfaatkannya.

Selama lebih dari 20 tahun, kami telah mendorong dan membantu menerapkan perencanaan dan pendekatan penggunaan lahan di seluruh dunia. Ini mencakup pilihan-pilihan konservasi tradisional, seperti membangun kawasan lindung untuk berbagai pemanfaatan melalui kemitraan antara masyarakat, individu, dan perusahaan. Penggunaan lahan yang dilakukan secara bijaksana dapat mempertemukan saling ketergantungan antara pelestarian dan kebutuhan pembangunan.

Hutan Liberia yang kaya akan kayu mendapat manfaat dari sebuah peraturan yang memperhitungkan konservasi, penggunaan oleh masayarakat dan penggunaan secara komersil. Langkah seperti itu melindungi kawasan hutan tertentu dan mengatur kawasan lainnya untuk keuntungan masyarakat dan penebangan komersial, yang berarti hutan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, tanpa perlu merusaknya. Dari sawah-sawah di Madgafaskar hingga Guyana Shield yang berlimparh air, program-program pembagian air dan cara-cara penggunaannya telah membuahkan hasil yang positif.
 
Namun penggunaan lahan yang bertanggung jawab bukan hanya perhatian terhadap masyarakat lokal. Sebagai konsumen, kita semua dapat mendukung penggunaan lahan yang lebih baik melalui pembelian dan dukungan terhadap pengusahaan dan industri yang merupakan pengguna lahan yang dikelola oleh komunitas adat. Dan kita dapat mendukung kerja pemerintah dan organisasi-organisasi nirlaba yang mengupayakan kesepakatan-kesepakatan mengenai penggunaan lahan yang bertanggung jawab. Pendekatan-pendekatan baru ini mendorong penggunaan lahan yang lestari dan seimbang untuk keuntungan masyarakat, perekonomian dan lingkungan di seluruh dunia.

Generasi mendatang, di mana saja mereka tinggal, bersandar pada kita. Bila kita merencanakan dengan bijaksana, maka anak-cucu kita akan mempunyai kesempatan untuk mengambil berbagai kekayaan bumi yang kita nikmati hari ini.