Program CI Indonesia
 

Program Terestrial 

Sebelumnya, program terestrial CI Indonesia berfokus pada perlindungan spesies dan penelitian. Selanjutnya, CI Indonesia mulai menjalin kemitraan dengan banyak pihak antara lain Taman Nasional, media, masyarakat, dan universitas untuk mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya konservasi yang lebih luas. Beberapa program yang dilaksanakan juga semakin berkembang tidak terbatas pada penelitian dan perlindungan spesies, namun juga penegakkan hukum, edukasi masyarakat, penguatan kapasitas, perencanaan tata ruang, reforestasi, dan monitoring.

Program terestrial juga terus berinovasi dalam menjawab tantangan pembangunan, beberapa diantaranya yakni pengenalan inisiatif-inisiatif baru program konservasi darat yang mendorong model pembangunan berkelanjutan, memperkenalkan model pertanian dan perkebunan yang berkelanjutan dan mendukung ketahanan pangan, mendukung kebijakan pembayaran jasa ekosistem, serta mendukung target Pemerintah dalam pengurangan emisi karbon.

Selain bermitra dengan berbagai pihak dalam melaksanakan program, CI Indonesia juga berperan strategis sebagai mediator dalam penghapusan utang Pemerintah Indonesia sebesar 30 juta USD kepada Amerika Serikat melalui Tropical Forest Conservation Act (TFCA). Program TFCA ini berjalan sejak tahun 2010, dan dilaksanakan oleh Yayasan Kehati melalui penyaluran mekanisme hibah kepada beberapa LSM lokal yang ada di Sumatera, dalam melestarikan sejumlah kawasan prioritas di Sumatera Utara. Pada tahun 2014 TFCA diperbarui dengan nilai program mencapai 12 juta USD, dan CI Indonesia terus melanjutkan perannya sebagai Ketua Oversight Committee yang berperan dalam memberikan arahan serta pengawasan pelaksanaan program oleh LSM terpilih.

Saat ini, program terestrial CI Indonesia bekerja di Sumatera Utara dan Jawa Barat. Di Sumatera Utara, CI Indonesia merancang program untuk menyelamatkan mosaik Kawasan Keanekaragaman Hayati Kunci (Key Biodiversity Areas atau KBA) sebagai modal alam pembangunan Sumatera yang berkelanjutan. 

     
Iklim

Perubahan iklim merupakan salah satu isu lingkungan terbesar di zaman kita. Kita harus bertindak cepat dan mengambil keuntungan dari solusi yang ada untuk mencegah kerusakan permanen pada planet kita. ekosistem alami menyediakan peluang yang signifikan untuk mengurangi emisi secara dramatis dan melestarikan potensi adaptif dari biosfer kita.

Air

Dalam berbagai wujudnya, air membentuk dan memelihara kehidupan di bumi. Semua manusia dan keunikan keanekaragaman hayati di dunia ini bergantung pada sumber air bersih dan menyehatkan. Namun , hanya kurang dari satu persen air segar yang mengalir di bumi ini, dan perrtambahan jumlah manusia meningkatkan permintaan yang melampaui ambang keberlanjutan sumber daya vital ini.

Pangan

Baru CI's Program Ketahanan Pangan secara eksplisit membahas tantangan ketahanan pangan. Kami bekerja baik di tingkat lapangan dan kebijakan untuk menunjukkan bahwa kesehatan ekosistem sangat penting untuk ketahanan pangan jangka panjang dan untuk mempromosikan mata pencaharian yang berkelanjutan di mana produksi pertanian dan konservasi sumber daya positif memperkuat satu sama lain.

Kesehatan

Ekosistem memainkan peranan penting dalam melindungi kesehatan manusia dengan mengatur iklim, udara, air dan penyakit menular serta menyediakan perawatan penyakit yang efektif. Itulah sebabnya mengapa CI menjadikan kesehatan sebagai salah satu prioritas baru.

Budaya

Millennium Ecosystem Assessment mendefinisikan kesejahteraan manusia sebagai semua elemen yang dibutuhkan untuk memiliki "kehidupan yang baik," termasuk kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidup (seperti makanan, air dan tempat tinggal) dan kebutuhan budaya, spiritual dan kebutuhan pribadi. Kata terakhir "layanan budaya" merupakan elemen penting dari apa yang alam sediakan untuk manusia.

Keanekaragaman hayati

Cepat tidak selalu baik. Spesies, misalnya, diperkirakan akan menuju kepunahan pada laju sekitar satu setiap 20 menit. Hal tersebut seribu kali lebih cepat dari norma sejarah bumi.Tidak hanya cepat, tapi di luar kendali. Dan itu pasti tidak baik.