Pengembangan Ekowisata
© Robin Moore   
 
 
© Robin Moore 
 
 
Kepulauan Galapagos, Madagaskar dan laut di Indonesia Sulu-Sulawesi. Dapatkah Anda bayangkan jika tujuan wisata yang menggelora ini hilang?

Beberapa tempat yang paling menakjubkan di bumi juga yang paling terancam. Keajaiban modern, dan satwa liar yang unik dan tak tergantikan, dalam bahaya. Dan sementara pengetahuan umum menyarankan kita untuk menjauh dari tempat-tempat ini dan bentang laut untuk melindungi mereka, CI tahu bahwa Anda dapat membantu menyelamatkan tempat di dunia yang paling berharga dengan mengunjungi mereka secara bertanggung jawab.

"Ekowisata" merupakan sumber pendapatan untuk pengelolaan jangka panjang dan merawat lebih dari 33.000 kawasan lindung di seluruh dunia. Ini bukan hanya tentang mengajak turis datang ke lokasi tersebut. Hal tersebut mudah: ada 700 juta wisatawan di dunia setiap tahunnya. Dan mereka menghasilkan sekitar $ 2.4 milliar dollar sehari. Ini tentang memastikan bahwa pengunjung melakukan perjalanan yang bertanggung jawab, membantu melindungi satwa liar yang mereka kunjungi dan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat lokal.

Ekowisata hanya bekerja jika menghasilkan manfaat ekonomi kepada masyarakat lokal, mendukung konservasi dan mengurangi dampak dari ekowisata ini. Hal ini membutuhkan partisipasi aktif dan terpelajar dari para turis. Dan juga industri perjalanannya, dan itu melibatkan semua orang mulai dari pengunjung hingga operator tur dan penerbangan, perhotelan dan bidang perhotelan dan tenaga kerja lokal untuk agriculturists untuk konservasi individu.

Peran CI adalah membawa para pihak ini ke lokasi kunci untuk mengembangkan strategi pariwisata berbasis alam berbasis masyarakat dan konservasi terfokus. Kami sudah melakukan ini selama hampir 20 tahun di 18 negara di seluruh dunia. The Ecolodge Chalalán di Bolivia — merupakan inisiatif bersama kami dengan komunitas hutan hujan di San José de Uchupiamonas sejak tahun 1995 — baru saja memenangkan Hadiah Khatulistiwa untuk pencapaian luar biasa dalam penanggulangan kemiskinan. Di Madagaskar, di mana pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan tiga kali lipat luas wilayah lindung pada tahun 2005, kami bekerja langsung dengan para pihak (stakeholder) pariwisata untuk memastikan perjalanan ke dan pengelolaan daerah-daerah membawa manfaat nyata kepada masyarakat lokal sekaligus meningkatkan daya saing tujuan. Dan dengan Wildlife Adventures dan UNDP Equator Initiative di Mozambik, kami membantu membiayai Ibo Island Lodge dan mendukung sebuah lembaga dana lokal masyarakat untuk mikro-kredit bagi pengusaha lokal.

Peran Anda dalam ekowisata — apakah Anda bepergian untuk bersantai, mengeksplorasi atau belajar — disiapkan secara cermat sebelum pergi dan memilih pilihan yang bertanggungjawab. Ketahui tujuan Anda secara dalam: satwa liarnya, tekanan lingkungan yang unik, peluang ekowisata dan agen/lembaga yang berpartisipasi yang bersetifikat, dan oprator. Minta dan pilihlan pilihan-pilihan ini pada setiap perjalanan anda, dan sesuaikan dengan keuangan anda. Lakukan semua yang anda bisa untuk melindungi lingkungan sekirat anda untuk generasi yang akan datang. Lakukan sementara anda melakukan pemesanana penerbangan dan hotel melaui komputer bisa dirasakan/dilakukan secara langsung dan membuat semua perbedaan antra apa yang hilang dan apa yang sudah diselamatkan.

  • Praktek Bisnis
    Selama 15 tahun terakhir, CI telah mendukung pengembangan produk ekowisata teladan dengan menyediakan bantuan teknis, pengembangan kapasitas, dan pendanaan untuk masyarakat, pengusaha, dan mitra.

  • Peran Serta Masyarakat
    Program pengembangan pariwisata CI menekankan pendekatan pemahaman masyarakat terhadap pariwisata, serta konservasi yang mendasarinya, seperti kapasitas, sosial, politik, dan isu-isu ekonomi.

  • Perencanaan Kebijakan
    CI mendukung pemerintah pusat dan daerah dalam merumuskan dan menetapkan kerangka kebijakan yang memandu pembangunan sektor pariwisata, pengaturan kelembagaan pemerintah, dan undang-undang yang mempengaruhi pariwisata.

  • Pengembangan Kapasitas dan Pelatihan
    CI bekerja untuk meningkatkan kapasitas praktisi lapangan dan manajer program untuk merancang dan melaksanakan program ekowisata yang benar-benar mengedepankan isu-isu konservasi dan menciptakan lapangan kerja yang diperlukan dan peluang pendapatan.

  • Berbagi Pengetahuan dan Belajar
    CI mengkoordinasi suatu jaringan pertukaran informasi global antara spesialis ekowisata, anggota staf teknis kami, yang berbasis di Washington, DC, dan memperluas jumlah mitra internasional kami dengan mengumpulkan dan menyebarkan pengetahuan dari pengalaman ekowisata kami.