Masyarakat Dan Tradisi
 
 

Masyarakat Adat Kaimana Papua, meresmikan Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD)

© CI/Photo by Fachrudin Mangunjaya
 
 
Sejak berdiri pada 1987, Conservation International telah bekerja untuk manfaat kemanusiaan dengan cara melestarikan keanekaragaman hayati Bumi — spesies dan ekosistem yang merupakan warisan alam kita. Kami percaya bahwa mempertahankan ekosistem yang sehat dan jasa yang sudah diberikan adalah dasar bagi masyarakat manusia yang sehat yang berkembang pada pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

CI bekerja di hotspot keanekaragaman hayati, daerah keanekaragaman hayati tinggi padang gurun dan bentang laut di lebih dari 40 negara. Daerah-daerah keanekaragaman hayati terkaya di planet ini juga merupakan rumah bagi masyarakat adat dan lokal yang langsung tergantung pada ekosistem yang sehat untuk air bersih, makanan, bahan bakar, pakaian, obat-obatan dan tempat tinggal mereka. Ketika konsumsi penduduk melonjaka dan berdampak pada menghabiskan sumber daya tersebut, segala sesuatunya dan semua orang menderita. Melalui kemitraan dengan para penduduk lokal dan stakeholder lainnya - dari organisasi internasional dan pemerintah nasional hingga kelompok-kelompok akar rumput - CI berusaha untuk mencapai banyak keuntungan pemberdayaan masyarakat adat dan lokal untuk melestarikan sumber daya penting dan penguatan peran dasar konservasi keanekaragaman hayati dalam menyediakan mata pencaharian berkelanjutan.

IN DEPTH: Read stories of CI's community partnerships and successes

Pada tahun 2003, CI menciptakan Program Masyarakat Adat dan Tradisional (ITPP) untuk terus memperkuat komitmen kami terhadap masyarakat adat dan tradisional dan mendukung peran penting dari wilayah mereka dalam lanskap konservasi. Dipandu oleh "Prinsip Kemitraan" CI,  ITPP bekerja langsung dengan program dan mitra CI, pemimpin lokal, masyarakat, konservasionis, organisasi adat dan pemain penting lainnya untuk membangun sebuah agenda bersama bagi konservasi keanekaragaman hayati dan budaya di tingkat lokal, nasional dan internasional skala. Kegiatan program memperkuat kolaborasi kelompok-kelompok ini dan memperluas kemampuan masyarakat untuk secara efektif mengelola tanah mereka dan sumber daya sementara juga menjaga mata pencaharian dan warisan alam dan budaya mereka.

Secara keseluruhan, kemitraan CI mencakup spektrum yang luas dari tindakan dan prestasi. Kami mendukung upaya-upaya oleh kelompok-kelompok adat untuk memperoleh kepastian hukum dan kewenangan pengelolaan atas tanah leluhur dan sumber daya mereka. Kami membantu masyarakat meningkatkan kapasitas mereka untuk mengelola daerah-daerah untuk melestarikan keanekaragaman hayati dan proses ekologi di mana mereka bergantung. Kami bergabung dengan mitra internasional dalam Critical Ecosystem Partnership Fund dan mekanisme lain yang mendukung proyek mempromosikan konservasi keanekaragaman hayati dan kesejahteraan manusia. Kami bermitra dengan masyarakat untuk mendukung pemanfaatan berkelanjutan dan tradisional tanaman obat dan hewan, dan menyediakan sumber daya ekonomi yang diperlukan yang membantu mempromosikan upaya konservasi tanah. Kami masukkan kesepakatan konservasi dengan otoritas nasional dan pemilik sumber daya lokal yang melindungi ekosistem alami sebagai ganti aliran manfaat terstruktur. Melalui CI, semua pekerjaan kami berasal dari prinsip-prinsip membantu masyarakat melalui konservasi