Air
 
 
Air Terjun di Taman Nasional Batang Gadis, Sumatera Utara
© Sunarto, Conservation International
 
Konservasi  Air

Dalam berbagai wujudnya, air membentuk dan memelihara kehidupan di bumi. Semua manusia dan keunikan keanekaragaman hayati di dunia ini bergantung pada sumber air bersih dan menyehatkan. Namun , hanya kurang dari satu persen air segar yang mengalir di bumi ini, dan perrtambahan jumlah manusia meningkatkan permintaan yang melampaui ambang  keberlanjutan sumber daya vital ini. Kebutuhan akan air bersih melebihi pasokan di banyak kawasan di seluruh dunia.

Keanekaragaman hayati dan komunitas manusia dalam keadaan terancam: diperkirakan satu dari enam orang di bumi tidak punyai akses mendapatkan air bersih; dua dari enam orang tidak memiliki sanitasi yang memadai; dan empat dari enam orang terkena penyakit yang berhubungan dengan kekurangan air bersih.

Degradasi dan penyurutan sumber daya air segar saat ini tidak bisa diabaikan. Dengan jumlah penduduk yang diperkirakan mencapai hampir 9 milyar pada tahun 2050, dan semakin meningkatnya pertumbuhan di negara-negara berkembang, krisis air bersih akan semakin buruk.


Apa yang disediakan alam

Air bukan hanya penting untuk kesehatan manusia: ia juga menopang ekosistem, yang pada gilirannya menyediakan makanan dan mata pencaharian bagi jutaan manusia. Jasa ingkungan yang diberikan oleh sistem air tawar, termasuk perikanan, penyaringan dan pengendalian banjir, memiliki nilai ekonomi yang diperkirakan mencapai triliunan dolar per tahun.

Hampir 70 persen dari air tawar digunakan masyarakat untuk pertanian. Kita juga semakin bergantung kepada arus air yang stabil untuk menghasilkan jumlah energi yang cukup signifikan di dunia. Peningkatan prasarana, pengembangan pertanian dan kebutuhan akan air minum dan sistem sanitasi menguras air bawah tanah kita, mencemari sumber daya air bersih kita, dan mengalihkan air jauh dari tempat yang membutuhkan air tawar dan ekosistem air tawar sehat.

Perubahan iklim merupakan ancaman lain yang berat. Ia menimbulkan kelebihan air di beberapa tempat, tapi kekurangan di tempat-tempat lain. Sistem Air Tawar memiliki nilai estetika dan rekreasi juga.


Menjelajahi Ekosistem Air Tawar

Sebuah keteraturan luar biasa keanekaragaman hayati mengatur pembagian pasokan air bersih yang terbatas ini dengan manusia. Ekosistem air tawar mendukung pemusatan-pemusatan spesies,  namun mereka merupakan unsur ekosistem yang paling terancam, dengan tingkat kepunahan  15 kali lebih besar daripada eksosistem laut.

Hal ini menjadikan ekosistem air tawar dan keanekaragaman hayati prioritas konservasi global.

Visi 5 tahun CI adalah bekerja sama dengan mitra yang sudah ada dan mitra baru untuk mencanangkan prioritas-prioritas berbasis ilmu pengetahuan untuk konservasi air tawar, menerapkan pengelolaan dan perlindungan sumber daya kunci untuk memberi manfaat kepada masyaraat dan keanekaragaman hayati air tawar, serta mendorong kebijakan-kebijakan inovatif untuk pemerintah dan pasar secara global.