“Bumi Gordang Sambilan” Menerima Kemitraan Pembangunan Berkelanjutan (SLP)
​Sawah menghampar di Aek Godang, Mandailing Natal
©CI/Foto: Fachruddin Mangunjaya
 
Program Kemitraan Pembangunan Lansekap Berkelanjutan (SLP) diharap mampu membangun dan melestarikan lingkungan.

​Selamat datang di “Bumi Gordang Sambilan,” kata M. Daud Batubara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mandailing Natal. Sambutan hangat itu dilontarkan oleh pejabat penting di Kabupaten Madina tersebut dalam acara sosialisasi tentang Program Kemitraan Pembangunan Berkelanjutan (SLP) di Mandailing Natal, akhir Maret (26/5) lalu. Aula pertemuan serbaguna Kabupaten dipenuhi oleh para kepala dinas yang berpakaian hijau muda. Mereka terdiri dari 70an staf  dan kepala dinas Satuan Kepegawian Pemerintah Daerah (SKPD) termasuk beberapa camat dan atau yang mewakili kecamatan di  Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Kegiatan sosialisasi resmi dalam temu muka tersebut dihadiri oleh rombongan Conservation International (CI) dari Jakarta dan Medan, antara lain Jim Peters (Chief of Party (COP) SLP), Dr. Agus Suratno (Policy Specialist),  Fazrin Ramadhani (Sumatra Program Manager), Ade Budi Kurniawan (Livelihood Manager) dan Laksmi Prasvita (Corporate Engagement Manager), yang sekaligus mengadakan survei kebutuhan program (need assessment survey) yang dapat menunjang implementasi investasi program  SLP.

PELAJARI: SLP di Indonesia

Adapun program SLP mempunyai empat misi sebagai target yaitu berkurangnya emisi akibat kerusakan hutan, rawa dan kegiatan industri, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat meningkat, kesejahteraan terdistribusi secara merata dan alam serta keanekaragaman hayati menjadi terjaga.

Dalam pembukaannya M. Daud Batubara, megungkapkan kegembiraannya atas program CI yang baru ini.  “Diharapkan nanti program ini berguna bagi masyarakat dan juga berguna untuk kerjasama kedepan,” ujarnya. Selain itu, dia juga mengharapkan SLP mampu mendorong percepatan pembangunan menuju kesejahteraan namun tetap memperhatikan lingkungan. 

M. Daud berharap, team SLP, dalam survei penjajakan kebutuhan investasi yang dilakukannnya, akan mendapatkan arah dan singrkronisasi bersama program dinas yang ada. “Harapannya, agar SLP mendukung rencana pembangunan yang strategis sehingga  program yang dilakukan oleh SLP dapat mempercepat target pembangunan Mandailing Natal, sehingga  apa yang akan diperoleh masyarakatakan semakin baik,” tambahnya.-- fachruddin mangunjaya