OSIRIS, Cara Baru Menghitung Kompensasi REDD
Lokakarya OSIRIS 2009 lalu
©CI Indonesia
 
 

Conservation International mengembangkan Data Base Osiris untuk mengetahui insentif ekonomi bagi mereka yang melindungi hutannya untuk mencegah perubahan iklim.

OSIRIS merupakan singkatan dari kata Open Source Impacts of REDD Incentives Spreadsheet, yaitu alat yang dikembangkan bersama mitra riset antara Conservation International (CI), the Center for Social and Economic Research on the Environment at the University of East Anglia, Woods Hole Research Center, Environmental Defense Fund, dan Terrestrial Carbon Group. Cara ini dikembangkan untuk membantu PBB dalam menegosiasikan REDD (Reducing Emissions from Deforestation and Degradation), sebuah mekanisme yang dirancang untuk memberikan kompensasi finansial untuk negara yang mereduksi emisi mereka dengan cara mengurangi dan mencegah penggundulan hutan.

LIHAT JUGA : OSIRIS Database


Ilmu Ekonomi dan Program Excel
OSIRIS mampu menganalisis seberapa banyak suatu negara akan memperoleh kompensasi dana dari berbagai mekanisme REDD, dan seberapa banyak emisi karbon yang dapat dikurangi. OSIRIS mampu menghitung nilai-nilai ini berdasarkan kondisi pasar global dan lokal, juga aturan-aturan yang diajukan dalam REDD (yang berfungsi sebagai patokan standar bagi pengurangan karbon dan standar kelayakan peserta) .

Namun tidak seperti kebanyakan model ekonomi atau model perubahan iklim lainnya yang ditulis dalam  bahasa program tersembunyi, platform OSIRIS dapat dikenali— dan bisa didownload— oleh hampir semua orang. Programnya berbasis Microsoft Excel spreadsheet. Setiap pengguna dapat menentukan nilai untuk menghitung pembayaran REDD, tingkat emisi karbon, atau tingkat deforestasi, dengan hanya mengklik satu sel di Spreadsheet tersebut. Hasil dari kebijakan alternatif REDD, atau skenario pasar yang
berbeda, dapat dengan mudah dibandingkan.

BACA JUGA : Perubahan Iklim

Conference of Party (COP) 15, U.N. Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada Desember 2009 lalu di Copenhagen merupakan alasan besar. Hasil negosiasi yang akan muncul di konferensi tersebut, terutama isu besar hutan tropis akan tetap ada atau justru hilang. Puluhan juta dolar akan mengubah nasib pekerja; dan dampak iklim yang dihasilkan akan berpengaruh pada kehidupan dan ekonomi jutaan manusia—yang kesemuanya didasarkan pada aturan pasar REDD dan desain yang terpilih.

Dihadapkan pada dampak sebesar ini, hampir setiap orang dalam komunitas global merupakan pihak pemangku kepentingan dalam prosesnya. Jadi mungkin setiap orang idealnya berpeluang untuk menganalisis aturan-aturan dan hasilnya.


Mudah diakses
Partisipasi sebesar itu memang merupakan visualisasi Tim Desain OSIRIS. Mereka mengadakan meeting di mana saja, dari sebuah istana di Austria hingga di coffee shop di Washington D.C. OSIRIS merupakan instrumen terbuka yang mendemokratisasikan ilmu pengetahuan di balik pengembangan kebijakan REDD. Ia tidak hanya mudah diakses, tapi ia juga bisa melakukan perbaikan sendiri. Salah satu manfaat proses opensource adalah setiap orang bisa menyumbangkan saran dan perbaikan. Oleh karena itu, OSIRIS akan terus berkembang karena umpan balik dan saran pengguna diintegrasikan dalam desain program.

PELAJARI : OSIRIS Spreadsheet Tools


Memerangi Perubahan Iklim
OSIRIS berperan dalam menentukan aturan-aturan pasar karbon di Copenhagen; ia juga berpotensi berperan dalam pengembangan aturan-aturan yang lebih rinci, yang akan dinegosiasikan di tahun-tahun berikutnya.

Pekerjaan yang paling penting mungkin akan dimulai ketika aturan-aturan tersebut mulai diimplementasikan di lapangan, negara per negara. OSIRIS kemudian akan diadaptasikan untuk mendukung pengembangan dan implementasi program untuk mengurangi deforestasi pada tingkat nasional.

Seperti tulisan Shakespeare yang berpesan kepada semua orang, kebutuhan solusi perubahan iklim juga ditujukan bagi semua orang. Telah ada instrumen untuk membuat orang awam, bukan hanya akademisi, mengerti tulisan Shakespeare; sekarang juga ada instrumen bagi semua orang, bukan hanya ilmuwan atau ahli ekonomi, untuk mempelajari implikasi kebijakan-kebijakan yang mempengaruhi perubahan iklim. Dengan OSIRIS, setiap orang dapat bergabung dalam konversasi.