Makanlah secara hijau
 
 

Membuka hutan untuk pertanian adalah salah satu penyebab utama deforestasi global dan kerusakan habitat. Kebiasaan makan secara ramah lingkungan adalah mudah dan menyehatkan. Dan informasi tentang produk tersedia lebih banyak dari sebelumnya. Sejak penanaman sampai pasar setempat hingga ke penyaji di restoran setempat, para produser semakin nyaman terhadap selera para konsumen hijau.

  • Belilah makanan yang ditanam dan dipanen secara berkelanjutan dan tidak mengganggu, mengancam satwa dan habitatnya.

  • Mengganti satu daging dengan makanan yang lebih lestari [seperti sayuran atau ikan yang ditanam dan dipanen secara lestari] dapat secara dramatis mengurangi jejak karbon anda. Energi yang digunakan untuk memelihara dan membesarkan ternak, dan pengolahan dagingnya semakin menimbun zat asam arang dibanding bila anda mengonsumsi sayuran. Beberapa sistem peternakan dianggap ramah lingkungan dan penggunaan lahannya tidak mengganggu keanekaragaman hayati di luar kawasan-kawasan yang dilindungi. Ketika memakan daging, pastikan anda tahu darimana asalnya dan bagaimana dihasilkan.

  • Mintalah para pemilik restoran dan toko untuk tidak menjual ikan dan spesies lain yang terancam punah. Anda mungkin salah satu yang membuka mata mereka terhadap kenyataan bahwa mereka pun dapat membuat pilihan yang bertanggung jawab.

  • Tanya lah. Tanya restoran dan pengelola kafe darimana bahan-bahan ramuan mereka — jika mereka tidak tahu, paling tidak mereka sadar bahwa anda peduli. Tanyalah para pedagang di pasar bagaimana pemeliharaan tanaman dan ternak — beberapa ladang melanggar batas pengelolaan organik meskipun tanpa pengesahan USDA Organic. Pergilah ke pasar penampung hasil tani di sekitar anda dan tanyalah apakah ada produk setempat. Produk setempat berarti berjarak angkutan lebih dekat.

  • Buatlah komps dari sisa-sisa makanan anda. Membuat kompos adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan yang bahkan anak-anak senang mengerjakannya. Dan itu berarti anda sedang membuat alas yang indah dan kaya-gizi untuk taman anda.

Anda juga dapat menjelajah kenaekaragaman hayati »