Jadilan penganjur konservasi
 
 

Hal paling bagus dari kemaun untuk menjadi seorang penganjur konservasi adalah bahwa setiap orang dapat melakukannya! Anda tidak perlu lulus Ph.D. dalam kegiatan ini — cukup keinginan akan perubahan dan kemauan untuk berbuat.

Langkah pertama adalah mengetahui bahwa sungguh mengasyikkan bagi seseorang yang berniat menjadi penganjur dalam masalah-masalah lingkungan. Mulailah dengan mengenali satu atau dua masalah lingkungan yang spesifik yang penting bagi anda kemudian mulailah melakukan pekerjaan rumah anda.


Penelitian

Mulailah dengan mencari sebanyak mungkin isu. Kuasailah. Tidak ada senjaya yang lebih ampuh untuk pilihan hidup anda selain fakta-fakta yang relevan. Situ-situs web seperti berikut hanyalah satu sumber informasi di antara sumber-sumber lain.

Periksalah:

  • Suratkabar-surakabar: Telaahlah berita-berita yang sudah lewat dan pantaulah berita-berita saat sekarang yang relevan dengan masalah-masalah anda.

  • Balaikotal/Bappedal/Bappedaldas: Jika satu hal adalah isu lokal, telaahlah setiap berita yang terbit tentangnya.

  • Bagian-bagian di Pemda atu Pempus: Pelajarilah hukum dan peraturan-peraturan yang mengatur-mengatur masalah anda dan bagaimana peraturan-peraturan itu dibuat dan diubah.

  • Undang-undang kebebesan akan informasi: Di Amerika Serikat, pemerintah pusat dan federal dapat dimintai informasi yang mereka tidak umumkan.

  • Para pakar: Berbicara kepada ilmuwan, profesor, insinyur, jekasa dan bahkan wartawan dapat membantu anda lebih memahami masalah-masalah teknis dan mememperkuat pemikiran anda.

  • Surat-surat elektronik: Banyak oraganisasi menawarkan update mingguan atau bulanan tentang masalah-masalah konservasi yang spesifik. Periksa daftar organisasi konservasi kami yang menyediakan pemberitahuan, update dan surat grup.