Jadilah konsumen Hijau
© Cyril Ruoso/JH Editorial/Minden Pictures 
 

Semakin mudah saja mengetahui dampak-dampak dari barang-barang yang anda beli terhadap lingkungan. Hati-hatilah terhadap bahan apa barang yang anda beli itu terbuat, dari mana asalnya, dan bagaimana dibuatnya. Semua pengetahuan ini menentukan bagaimana anda memberi akibat kepada keanekaragaman hayati di sekitar anda dan di seluruh dunia. Dan ingatlah, anda punya kekuasaan memilih apa yang dibeli.

  • Kurangi konsumsi. Gunakanlah barang-barang sampai benar-benar tak dapat dipakai lagi, belilah barang bekas, gunakanlah barang-barang lama untuk kegunaan-kegunaan baru.

  • Pilihah barang-barang — kertas printer, kertas struk grosir, kertas cek bank, atau kain — yang terbuat dari bahan yang bisa didaurulang atau dapat digunakan kembali dan diolah kembali. Anda dapat pula barang-barang biasa tapi terbuat dari bahan-bahan yang daur ulang. Nau adalah mitra CI dalam bisnis seperti ini.

  • Dukunglah perusahaan-perusahaan yang memikirkan lingkungan seperti anda. CI telah bermitra dengan sejumlah perusahaan sadar lingkungan seperti Office Depot, Wal-Mart, McDonald's, and Starbucks.

  • Bahkan shampoo dan kondisioner anda bisa hijau juga. Aveda, sebuah mitra CI, setuju membuat produk-produk perawatan yang alami. Perusahaan dapat melacak bahan-bahannya dari masyarakat tempat bahan itu tumbuh hingga ke kemasan botol saat barang-barang itu dijual.

  • Mengadakan pesta? Silahkan — gunakan piring, gelas, dan peralatan makan sungguhan. Tamu-tamu anda akan merasa istimewa dan anda terhindar dari menimbulkan banyak sampah.

  • Jadilah keluarga-satu-tas. Kurangi, guna-ulang, daur-ulang dan padatkan sampah mingguan anda ke dalam satu kantong.

Makanlah secara hijau »