Inisiatif Segitiga Terumbu Karang (CTI)
 
 
Gugus Kepulauan Kepala Burung, Raja Ampat dari udara.
© CI, Photo by Mark Erdmann
 
 
Negara negara yang mencakup segitiga terumbu karang  adalah: Filipina. Indonesia. Papua Nugini. Malaysia. Timor Leste, Kepulauan Solomon.

Sebagian dari kawasan  tersebut — masing-masing merupakan  gugusan yang menakjubkan baik dari unsur budaya manusia, hewan, tumbuhan, dan keanekaragaman geofisika yang amat penting. Lebih dari itu, kawasan ini merupakan bagian dari Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle). Oleh sebab itu, CI bekerjasama dengan pemerintah dan sejumlah mitra untuk menyelamatkan terumbu karang ini.


Inisiatif Segitiga Terumbu Karang

Inisiatif Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle Initiative-CTI) merupakan  upaya kemitraan antar pemerintah dari negara-negara diatas yang didedikasikan untuk mempromosikan laut yang sehat dengan membantu masyarakat mengelola sumber daya laut mereka melalui penciptaan dan penguatan Kawasan Perlindungan Laut (Marine Protected Area-MPA). Selain itu, kemitraan ini juga berupaya  mempromosikan manajemen bentang laut pada skala besar, meningkatkan perikanan, adaptasi terhadap perubahan iklim dan memulihkan spesies yang terancam punah.

Segitiga terumbu karang memiliki ekosistem laut yang paling beragam di dunia, dengan lebih dari 500 spesies karang, setidaknya 3.000 spesies ikan dan hutan mangrove terbesar yang tersisa di Bumi. Kawasan ini dihuni oleh lebih dari 150 juta orang.

Kawasan ini merupakan pusat global keanekaragaman hayati laut, dan penting untuk menjaga ekosistem dan perikanan yang produktif bagi keberlanjutan dan kesejahteraan penduduk di seluruh dunia.

Cara tangkap perikanan yang tidak berlanjutan, polusi, perubahan iklim dan perusakan habitat mengancam wilayah ini, yang secara praktis kemudian  mengancam kehidupan ikan  dan mengancam pula kepentingan  manusia yang telah disediakan oleh Segitiga terumbu karang ini.


Kemitraan dan Kemajuan
CI telah menargetkan wilayah tersebut sebagai prioritas kegiatan konservasi laut. Melalui dua bentang laut yaitu: Sulu Sulawesi dan Kepala Burung, CI dan mitra-mitranya bekerja meningkatkan pengawasan laut dan satwa liar untuk memperkuat dan meningkatkan otoritas hukum dan kebijakan konservasi laut di bentang laut.

LEBIH JAUH: Bentang Laut Kepala Burung

Bersama dengan ini dan mitra lainnya, CI membantu industri dan pemerintah memahami bahwa ekosistem laut yang sehat adalah baik untuk bisnis dan masyarakat dan begitu juga dengan penghentian kerusakan lebih lanjut terhadap terumbu karang yang paling indah dan penting secara biologis.


Menuju jalan yang baru
Inistif Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle Initiative) adalah sebuah model untuk melindungi jasa ekosistem yang mendukung untuk keberlanjutan kita semua. Hal ini tentunya sejakan dengan  tujuan visi pemerintah untuk terumbu karang, perikanan dan ketahanan pangan, dan membuktikan bahwa kepemimpinan pemerintah, perencanaan cerdas, kemitraan dan pemberdayaan masyarakat dapat mengamankan kesehatan manusia dan ekosistem dalam jangka panjang dalam skala besar dan global.//