Bentang Laut Anambas Natuna
Pemandangan bawah laut Kepulauan Anambas
 CI, Panji Laksmana
Kami akhirnya bekerja untuk Anambas

Pulau Anambas yang merupakan bagian dari Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan pulau kecil terluar dari teritorial Indonesia letaknya sangat strategis. Kepulauan ini berada diantara Semenanjung Malaysia, Kepulauan Bintan dan Kepulauan Riau. Sedangkan di bagian barat pulau ini terdapat negara Vietnam serta di utaranya terdapat negara Kamboja, Kalimantan (Indonesia dan Malaysia) dan Singapura.

CI bersama para mitranya telah melakukan pengkajian dan inisiatif untuk mengembangkan perlindungan di wilayah laut dan daratan di Kepulauan Anambas dan Natuna untuk kepentingan kehidupan jangka panjang di kedua pulau tersebut.

Pulau Anambas dan Natuna sangat kaya dengan sumber daya alam, khususnya dengan sumber minyak dan gas. Ladang Gas Natuna di sebelah utara dan selatan pulau itu, mempunyai cadangan 222 triliun kubik gas, dan merupakan salah satu cadangan gas terbesar di dunia. Pulau Matak di Anambas, sekarang ini menjadi pangkalan eksplorasi minyak. Disebabkan letaknya yang strategis, kedua pulau ini menjadi perlintasan penting kapal-kapal perdagangan yang melintas di kawasan selatan Asia termasuk: Jepang, Eropa, Amerika, Vietnam, Kamboja , Cina dan kapal-kapal asing lainnya yang melintasi perairan internasional menuju Selat Malaka.

LEBIH JAUH: Kepulauan Anambas

Sebagai kawasan terluar Indonesia, letak Kepulauan Anambas sangat strategis bagi negeri maritim ini. Namun selain itu, perlu adanya langkah agar kawasan dimana perlintasan berbagai kegiatan perdagangan dilakukan, dapat pula dilakukan pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan.

Kepulauan ini juga mempunyai kekayaan laut dan potensi keanekaragaman hayati yang tinggi dan belum banyak diketahui keberadaannya. Di Pulau Natuna misalnya dijumpai beberapa spesies darat yang endemik seperti kekah natuna Presbytis natunae, kukang Nycticebus coucang natunae, dan kera ekor-panjang Macaca fascicularis pumila. Tiga primata tersebut hanya dijumpai di Pulau Natuna.

Sebagai langkah awal CI bersama dengan mitra dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Coral Triangle Support Partnership (CTSP) telah berhasil mendeklarasikan Kawasan Perairan Laut Anambas seluas 1,2 juta ha sebagai Kawasan Wisata Laut Kepulauan Anambas.