Papua
Sungai Mamberamo  Foto CI, Stephen Richard 
 
Sungai Mamberamo, Papua
© CI/Photo by Stephen Richard
 
Sungai Mamberamo
Mamberamo Koridor

Pada tahun 2011, CI Indonesia akan membentuk 4,5 juta hektar (lebih dari 17.000 mil persegi) Koridor Konservasi Mamberamo dalam DAS Mamberamo yang akan menghubungkan empat daerah yang sudah ditetapkan sebagai kawasan lindung nasional (Rouffaer, Foja / Mamberamo, Jayawijaya dan Lorentz) dengan menghubungkan hutan adat. CI telah bekerja memetakan sumberdaya lokal oleh masyarakat, kawasan keramat (sacred site) dan kawasan konservasi tradisional. Daerah yang dipetakan mencakup sekitar 100.000 hektar, setengah dari yang dianggap sebagai hutan konservasi tradisional oleh masyarakat setempat.


Pegunungan Foja

Para ilmuwan menemukan "harta karun" berupa spesies baru dari pegunungan terpencil satu setengah tahun setelah survei RAP yang diadakan CI di Pegunungan Foja,tahun 2008. Penemuan ini menambah khasanah penemuan  ilmiah baru bagi umat manusia. Ahli biologi di ekspedisi ini (yang merupakan kerjasama antara CI, National Geographic Society dan Smithsonian Institution) menemukan beberapa spesies baru bagi ilmu pengetahuan - berbagai macam satwa yang tercipta dan berkembang di hutan pegunungan yang sangat terisolasi dan tidak terjamah.

Penemuan mereka tersebut, antara lain:

  1. Seekor katak spesies baru dengan hidung mancung, yang ditemukan secara tidak sengaja di kantong beras di perkemahan.
  2. Seekor kanguru hutan yang merupakan kangguru terkecil dari keluarga kangguru.
  3. Sepasang merpati raja dengan bulu berwarna-warni, tertangkap kamera untuk pertama kalinya.

Ekspedisi itu bukan tanpa tantangan - termasuk banjir bandang dan sulitnya kondisi terbang helikopter terbang — namun semuanya mendapatkan imbalan berharga. Melengkapi rangkaian survei keanekaragaman hayati ini, ekspedisi RAP pada dasarnya diisi di salah satu yang memiliki luasan terbesar dan terkaya terra incognita di Pasifik. Baca press release untuk mengetahui lebih lanjut tentang spesies baru ditemukan, atau lihat di bawah untuk memeriksa foto dari spesies baru dan berita-berita RAP yang diposting dari lapangan.



LIHAT JUGA:  Negeri yang Hilang Menuju Pemberdayaan

Ekspedisi itu, menjelajah bersama Dr Bruce Beehler dan kru filmnya setelah kunjungan  ke pegunungan Foja  pada Desember 2007.



Ekspedisi pertama ke Pegunungan Foja dimulai 25 tahun yang lalu, kemudian atas gagasan ilmuwan CI dan Dr Bruce Beehler,  kembali pada tahun 2005 kawasan tersebut kembali dikunjungi sehingga menggemparkan kalangan ilmuwan dunia disebabkan spesies-spesies baru yang ditemukan.

BERITA TERKAIT: 20 Tahun  Seribu Penemuan Baru

 

 

Return to Foja, Mamberamo

Return to Foja, Mamberamo Web Part Menu