Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PPKAB)
 
 

Bangunan Asrama Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol, Sukabumi

 

 

CI,Anton Ario
 
Mengenal Alam Melalui Pendidikan

Pendidikan merupakan asas yang sangat penting bagi gerakan konservasi sebagai investasi di masa depan. Pada tahun 1999, CI bekerjasama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk mendirikan Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (PKKAB). Bangunan ini dilengkapi  dengan ruang kelas, asrama, jembatan kanopi, dan stasiun penelitian yang disediakan untuk para peneliti baik mahasiswa maupun pelajar yang ingin mengenal hutan alam di TN Gunung Gede Pangrango secara lebih dekat. Kawasan ini menjadi "pintu terdekat" untuk menyaksikan keanekaragaman hayati hutan hujan tropis di Indonesia dari Ibukota Jakarta.

Pendidikan dilakukan secara simultan dan terbuka untuk anak-anak dari tingkatan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah hingga perguruan tinggi. Dengan mengunjugi PPKAB anak-anak diharapkan mampu mengasah ketajaman naluri alaminya, mengenal alam secara lebih dekat, meneliti dan mencoba berbagai petualangan yang disiapkan oleh instruktur kami yang ada di lapangan. Diharapkan rasa coriousity dan biofilia positif akan muncul pada generasi mendatang yang mendapatkan pengalamat tengan kekayaan tanah airnya.

Untuk penyelanggaraan pusat pendidikan ini, CI tidak secara langsung mengelola PPKAB, melainkan bekerjasama dengan mitra yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango  dan Yayasan Owa Jawa yang juga mempunyai misi untuk merehabilitasi owa jawa yang hampir punah.

BACA JUGA: Rehabilitasi Owa Jawa

PPKAB merupakan 'icon' program pendidikan konservasi kami di kawasan teresterial, selain itu, kami juga menyelenggarakan pendidikan secara pro aktif dengan mobil keliling. Mobil pendidikan kami 'Molly dan Telsi', telah mengunjungi ratusan sekolah dan puluhan ribu murid yang ada di Jawa Barat terutama di sekitar Taman Nasional Gn Gede Pangrango dan TN Gunung Halimu-Salak.

Selain itu kami juga mempunyai kapal pendidikan yang ada di laut yang berfungsi menyadarkan masyarakat dan anak-anak sekolah di Pesisir Pantai, terurama di kawasan Raja Ampat serta Kaimana.

LEBIH JAUH: Kapal Pendidikan Kalabia

Unduh Lembar Fakta tentang Pusat Pendidikan Konservasi Alam Bodogol (Factsheet PPKAB)

KONTAK:

Untuk Menghubungi Fasilitas PPKAB Bodogol Bisa menghubungi staff lapangan kami:

Anton Ario
e-mail:a.ario@conservation.org,
CI Indonesia Field Office
Jl Raya Sukabumi KM 21,
Cigombong LIDO, Bogor 16740