GREEN WALL PROGRAM
 
Program penanaman dan perawatan pohon di perluasan Taman Nasional di Jawa Barat

Green  Wall adalah istilah ilustratif untuk menggambarkan sebuah tembok hijau alami mencegah banjir yang diletakkan di kawasan Gunung Gede Pangrango, Gunung Halimun dan Gunung Salak. Program ini merupakan kegiatan penanaman dan perawatan pohon di kawasan perluasan taman nasional di tiga gunung strategis Jawa Barat tersebut.

Kawasan yang dihijaukan adalah wilayah perluasan Taman Nasional seluas lebih kurang 10.000 ha yang harus ditanami dan dihutankan kembali, karena tadinya kawasan ini merupakan areal Perhutani yang kemudian diserahkan sebagai kawasan konservasi.

Kawasan ini merupakan stok air bersih yang menyediakan kehidupan bagi 20juta penduduk Jakarta, Tangerang dan Bekasi serta 3 juta hektar sawah yang sangat bergantung dari aliran air dalam siklus hidrologis yang terpelihara oleh eksistensi hutan dan habitat alami yang terus dijaga.

PELAJARI JUGA: Adopsi Pohon

Sejak pencanangan program yang dimulai dari gerakan Ibu menanam, bulan Juli 2008, gerakan penanaman pohon dan perawatannya selama tiga tahun sudah gencar dilakukan. Para mitra yang menjadi pelopor antara lain beberapa perusahaan dan bahkan partai politik.

Selain jenis-jenis tanaman hutan seperti manglid, puspa, rasamala, kasireum, penanaman juga dilakukan di kawasan paling luar tapal batas dengan tanaman produktif misalnya nangka, aren, petai, jengkol, pala, yang pilihan penanamannya disukai oleh masyarakat setempat.

Menurut catatan, untuk pengerjaan program penanaman Green Wall saja telah dilibatkan 20 kelompok tani dengan total sekitar 500 orang petani Jika dihitung secara kasar, gerakan penghijauan gunung ini telah melibatkan sampai dengan 800 petani penggarap yang mereka beraktifitas di kawasan perluasan taman nasional.

Program ini dilakukan baik melaui kemiraan dengan taman nasional, Konsorsium Gedepahala, Green Radio dan Daikin.

PELAJARI JUGA: Daikin Reforestation in Indonesia 

Program ini menjembatani adopsi pohon secara individual maupun korporasi. Untuk individual, CI bermitra dengan Green Radio dan untuk korporasi dan kelompok dalam jumlah sedikit hanya satu atau puluhan hektar dapat menghubungi mitra Conservation International dan Konsorsium Gedepahala.


Apakah Anda berminat untuk adopsi pohon?

Keterangan Lebih Lanjut:
Lembar Fakta Adopsi Pohon (Pdf)