Keanekaragaman Hayati
 
 

 

 
 
 

Cepat tidak selalu baik. Spesies, misalnya, diperkirakan akan menuju kepunahan pada laju sekitar satu setiap 20 menit. Hal tersebut seribu kali lebih cepat dari norma sejarah bumi.Tidak hanya cepat, tapi di luar kendali. Dan itu pasti tidak baik.

Situasi ini berhubungan langsung dengan 2 hal/isu/masalah — perusakan habitat dan perubahan iklim. Dalam waktu 20 menit yang sama, kita akan menghancurkan 1.200 hektar hutan dan memancarkan 180.000 ton karbon dioksida ke atmosfer seluruh dunia. Berkurangnya tutupan hutan berarti berkurang juga wilayah bagi habitat spesies dan lebih banyak perubahan iklim karbon di atmosfer. Seperti iklim, lanskap, dan perubahan lautan, spesies harus bergerak atau beradaptasi. Kalau tidak, spesies-spesies tersebut akan mati begitu saja.

Melindungi spesies merupakan spesialisasi kami. Kami memimpin Global Penilaian Amfibi untuk pertama kalinya, mempelajari status setiap amfibi yang dikenal. Saat ini, kami bekerja dengan mitra kami pada penilaian yang sama dari spesies laut, termasuk hiu, pari, dan terumbu karang serta mamalia terestrial. Sebagai bagian dari IUCN-World Conservation Union (IUCN) tim Red List, penelitian kami bertujuan untuk mengidentifikasi benchmark tentang bagaimana situasi yang mengerikan bagi spesies.

 

Setelah kita memahami konservasi suatu spesies '(atau ancaman) status, maka kita tahu bagaimana untuk membantu. Studi kami membantu mengidentifikasi spesies yang terancam, di mana mereka terjadi, dan apa yang mengancam kelangsungan hidup mereka.

Jika kami mengetahui status konservasi (atau ancaman) dari spesies tersebut, maka kami tahu bagaimana cara mambanntunya. Penelitian kami membantu mengidentifikasikan spesies2 mana yang terancam, dimana mereka diancam, dan ancama apa bagi keselamatan mereka. Dengan pengetahuan tersebut, kami menemukan cara untuk bertindak yang dapat dimulai untuk mengurangi penurunan populasi yang menyebabkan kepunahan. Di Gunung Nimba, ada sebuah situs bernama Alliance for Zero Extinction (Aze) yang berada disepanjang perbatasan Pantai Gading, Liberia, dan Guyana di Afrika Barat, CI bekerja sama dengan pemerintah Liberia dan beberapa mitra lain untuk menyatakan situs tersebut, mengembangkan infrastruktur manajemen, dan menyediakan dana untuk menjamin perlindungan Cagar Alam Nimba Timur (East Nimba Nature Reserve). Situs ini merupakanh situs prioritas tertinggi di Afrika, melindungi dua mamalia dan empat spesies amfibi — semuanya sangat terancam, dan semua tidak dapat ditemukan di tempat lain. Dengan melindungi satu-satunya situs ini, kami telah menghentikan ancaman langsung yang mengarah pada kepunahan spesies unik di Afrika Barat. Dan sekarang kami telah berhasil menghentikan ancaman tersebut, kami dapat mulai mengembangkan rencana untuk meningkatkan populasi mereka dalam cagar alam tersebut.

Disis lain, kampanye Stop Jam (Stop the Clock campaign) terus mengumpulkan tanda tangan untuk diberikan pada pembuat kebijakan dari seluruh dunia, sehingga jelas bahwa masyarakat dari seluruh penjuru bumi memahami pentingnya kelangsungan hidup spesies dan menuntut diakhirinya kepunahan spesies. Tanda tangan Anda akan membantu memotivasi para pemimpin dunia untuk melaksanakan kebijakan konservasi bertanggung jawab untuk mengurangi iklim, dan memelihara habitat hutan dan laut untuk menjamin kelangsungan hidup spesies.

 
 
 
 
 
Kita berbagi planet dengan jutaan spesies yang luar biasa. Spesies ini menjaga planet kita berfungsi dengan menyediakan bagi kita udara dan air bersih, makanan, pengaturan iklim, dan keindahan alam yang menakjubkan. Bayangkan sebuah dunia tanpa air bersih untuk diminum, warna-warni cerah bunga musim semi, stok ikan melimpah dan tanaman berbuah, panggilan pagi manis burung migrasi dan rekayasa rajin semut.
 
 
Jebakan Kamera adalah sistem yang memungkinkan foto-foto satwa liar yang harus diambil bahkan ketika manusia tidak hadir. Untuk mencapai hal ini, Jebakan/perangkap — kamera dengan sensor infra merah tertutup di casing tahan air — ditetapkan di daerah satwa liar. Sensor inframerah mendeteksi panas dan gerak, sehingga setiap kali objek yang hidup melintasi kamrea tersebut maka photoi dapat diambil.